Bisnis Jagung dan Manfaat

Jagung (Zea mays L.) merupakan salah satu tanaman pangan dunia yang terpenting, selain gandum dan padi. Sebagai sumber karbohidrat utama di Amerika Tengah dan Selatan, jagung juga menjadi alternatif sumber pangan di Amerika Serikat. Penduduk beberapa daerah di Indonesia (misalnya di Madura dan Nusa Tenggara) juga menggunakan jagung sebagai pangan pokok. Selain sebagai sumber karbohidrat, jagung juga ditanam sebagai pakan ternak (hijauan maupun tongkolnya), diambil minyaknya (dari bulir), dibuat tepung (dari bulir, dikenal dengan istilah tepung jagung atau maizena), dan bahan baku industri (dari tepung bulir dan tepung tongkolnya). Tongkol jagung kaya akan pentosa, yang dipakai sebagai bahan baku pembuatan furfural. Jagung yang telah direkayasa genetika juga sekarang ditanam sebagai penghasil bahan farmasi.
KEBANYAKAN masyarakat kota mengonsumsi jagung sebagai bahan makanan selingan. Namun rupanya, jagung memiliki banyak manfaat sehingga tidak akan rugi bila Anda rutin mengonsumsinya setiap hari.

Bisnis Jagung dan Manfaat

Jagung merupakan salah satu sumber karbohidrat yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain rasanya yang lezat, jagung dapat dimasak dalam berbagai cara.

manfaat jagung
manfaat jagung

Anda dapat mengonsumsi jagung manis dengan dimakan langsung dari batangnya setelah direbus atau dibakar, atau memasukan biji-biji jagung sebagai hiasan nasi goreng. Selain itu, biji-biji jagung juga dapat ditumis dengan bawang merah dan cabai untuk membuat sajian tumis yang sehat.
Hal terbaik dari biji jagung bukan hanya tentang rasanya yang menggugah selera, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan  tubuh. Berikut beberapa manfaat penting jagung bagi kesehatan, sebagaimana dilansir Boldsky.

Melancarkan pencernaan
Jagung mengandung serat sehingga bermanfaat besar bagi sistem pencernaan. Selain itu, jagung bisa mencegah sembelit, wasir, dan menurunkan risiko kanker usus besar.

Sumber mineral
Setiap butir kuning jagung mengandung banyak sekali ragam mineral, seperti magnesium, tembaga, besi, dan paling penting fosfor yang diperlukan untuk kesehatan tulang. Nutrisi ini tidak hanya mencegah tulang dari keretakan karena Anda bertambah tua, tapi juga meningkatkan fungsi normal ginjal.

Merawat kulit
Jagung kaya akan antioksidan yang membantu menjaga kulit tetap muda lebih lama. Terlepas dari konsumsi secara teratur, jagung dapat diaplikasikan sebagai minyak jagung merupakan sumber yang kaya asam linoleat. Pati jagung juga berguna menenangkan iritasi kulit dan ruam.

Bisnis Jagung dan Manfaat

Dunia Bisnis Bijian Jagung :
JAKARTA, KOMPAS.com — Harga jagung pada perdagangan hari ini Selasa (11/12/2012) tercatat mengalami penurunan setelah sebelumnya mengalami pergerakan bullish.
Jagung berjangka mengalami penurunan sebesar 1 persen menjadi 7,3 dollar AS per bushel, sedangkan kedelai berjangka mengalami kenaikan sebesar 0,2 persen menjadi 14,7475 dollar AS per bushel.
Pelemahan harga jagung tersebut dipengaruhi laporan mengenai penurunan ekspor jagung AS untuk bukan November yang turun 46 persen menjadi 12,23 juta metrik ton.
Menurunnya ekspor jagung di AS untuk bulan lalu disebabkan oleh adanya sebuah dampak mengenai keterlambatan ekspor jagung akibat dampak kondisi cuaca yang tidak stabil.
Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan produksi jagung Indonesia pada tahun 2012 berdasarkan angka ramalan I mencapai 18,95 juta ton pipilan kering.
Produksi itu meningkat 1,30 juta ton atau 7,38 persen dibandingkan dengan realisasi produksi jagung 2011 yang mencapai 17,64 juta ton. Perkiraan kenaikan produksi jagung 2012 didasarkan pada Aram I, yang merupakan realisasi produksi jagung secara nasional yang telah dicapai selama Januari-April 2012, ditambah dengan ramalan produksi pada periode Mei-Desember 2012.

( internationalmaizeconference.com ) – Saat ini jagung merupakan produk biji-bijian ketiga yang paling banyak diperdagangkan setelah gandum dan beras, dengan perkiraan jumlah produksi 828 juta ton pada tahun 2011. Tanaman ini digunakan sebagai sumber makanan pokok, terutama di amerika latin dan afrika, namun karena harganya yang rendah dan digunakan diseluruh dunia jagung telah menjadi bahan baku yang paling penting untuk pakan ternak dan beberapa bahan industri. Jagung (Zea Mays, keluarga L, Poaceae) dikenal sebagai tanaman yang serbaguna, tumbuh disegala macam kondisi tanah, ketinggian dan kesuburan, yang menjelaskan adaptasi menyeluruh dan berbagai varietas yang dimilikinya.
Kementerian Pertanian Republik Indonesia bekerjasama dengan Provinsi Gorontalo akan melaksanakan Konferensi Jagung Internasional (IMC) yang akan diadakan di Provinsi Gorontalo – Sulawesi, Indonesia 22-24 November 2012.
Agenda :

  1. Welcome Party dan Gelar Budaya Kesenian Tradisional Daerah Gorontalo
  2. Seminar Internasional menghadirkan 7 pembicara ahli jagung dunia dari Eropa, Asia dan Amerika
  3. Pameran International Maize Expo serta handicraft berbagai jenis hasil olahan jagung
  4. Pertemuan Gubernur/Bupati/Walikota daerah yang konsen dengan jagung seluruh Indonesia
  5. Temu bisnis dan investasi berbagai Perusahaan, Eksportir dan Investor yang bergerak di bidang benih,
  6. pupuk, pakan dan produk olahan jagung se Indonesia
  7. Field trip/site visit/kunjungan wisata yang ada di Gorontalo serta kunjungan ke kampung kerajinan
  8. Gorontalo dan kawasan industri olahan jagung
  9. Publikasi dan Penyiaran media cetak dan elektronik
  10. Gelar teknologi Show Window areal BPIJ Provinsi Gorontalo dan Show Window Tenilo yang
  11. mengintegrasikan Jagung dan Ternak

Topik Bahasan

  1. Global maize production and productivity: Trends, Challenges and Opprotunities
  2. Nutritionally enriched maize and its importance in developing world
  3. Crop eco-physiology and systems modelling on tropical maize production. Agricultural development,
  4. research and technology policy for poverty alleviation
  5. Maize agribusiness opportunities in the developing world
  6. Improving the value of maize as livestock feed to enhance the livelihoods of maize-livestock farmers.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY