Tanaman Jagung Manis

Tanaman Jagung Manis

Jagung Manis dapat ditanam di daerah dataran rendah dan tinggi sampai ketinggian 900 meter dari permukaan laut. Suhu ideal untuk pertumbuhan jagung manis adalah 21 – 30 0 C tanah yang baik adalah tanah yang subur dan gembur, keasaman tanah antara5,6

Keadaan tempat untuk jagung manis baiknya yang terbuka, memerlukan sinar matahari yang cukup banyak, tidak tergenang air. Pada musim kemarau baik ditaman di sawah tadah hujuan yang ada air sedikit dan pada muhim hujan baiknya ditanam di lahan kering atau tegalan.
Benih Jagung manis untuk 1 hektar diperlukan 7 kg.

Pengolahan Tanah, bersihkan areal dari rumput liar dan jerami yang tdk berguna, cangkul lahan sedalam 30 – 40 cm, buat garitan dengan jarak antar garitan 80 – 90 cm. Taburkan pupuk organic misalnya Bokashi kotoan ayam, kotoran kambing, 5- 10 ton/ ha.

Tanaman jagung

Penanaman jagung dan perlakuan tanam
Penanaman benih jagung manis dengan cara ditugal atau digarit, taburkan furadan diatas benih sebanyak 0,5 gram perlobang tanam, taburkan NPK dengan jarak 10 cm dari biji jagung sebanyak 2 gram per lubang:

    1. 7 – 15 hari setelah tanam dilakukan penyulaman, pemberian pupuk ZA 150 kg perhektar, SP – 36 300 kg/ ha, bila perlu semprot dengan PPC/ Insektisida nabati.
    2. 25 – 30 hari setelah tanam dilakukan penyiangan sekaligus pengguludan, bila perlu di taburu lgFuradan 3G pada titik tumbuh sekitar 5 butur kicil per tanaman, semprot dengan PPC.
    3. 40 -45 hari setelah tanam dilakukan pemupukan dengan KCL atau KNOɜ lakukan penyemprotan bila ada hama yang sudah melebihi ambang eonomi.
    4. 50 – 55 hari setelah tanam, mulai seleksi tongkol atau pohon jagung, penyemprotan bila perlu pada ketiak daun.Pada saatini usahakan kebun jangan terganggu akan mempengaruhi proses persarian.
    5. 75 – 80 hari setelah tanam Waktu pemetikan.

Panen Jagung manis sebaiknya dilakukan pada pagi hari. Udara panas cenderung dapat mengurangi kandungangula pada biji jagung manis . Untuk mempertahankan kadar gula lebih lama, selepas panen dari kebun harus segera masuk ke ruang pendingin pada temperature 1 – 5 0 C ini akan mempertahankan kemanisan hingga 10 hari, yang paling ideal yaitu dengan perelakuan khusus, setelah panen, jagung langsung diangkut ke gudang atau ruang pendingin dan langsung dilaksanakan penyortiran dan pengemasan dengan plastic roping film. Plastik ini berfungsi sebagai penjaga kelelmbaban, mencegah kehilangan air, memperpanjang kesegaran jagung manis.

Jagung Manis

Berikut ini beberapa manfaat jagung manis untuk kesehatan kita:

  1. Memperbaiki saluran pencernaan. Jagung manis memiliki banyak serat yang jadi sebuah keuntungan besar bagi sistem pencernaan kita. Hal itu bisa mencega wasit, sembelit, dan bahkan bisa menurunkan tingkat resiko kanker usus besar.
  2. Merawat kulit. Jagung manis juga kaya akan kandungan antioksidan, yang bisa membantu untuk merawat kulit agar bisa tetap awet muda. Selain bisa kita konsumsi menjadi makanan, bisa juga dipakai minyaknya yang menjadi sumber asam linoleat yang tinggi. Tepung jagung juga berkhasiat guna meredakan iritasi di kulit.
  3. Kaya akan mineral. Jagung memiliki kandungan zat besi, magnesium, serta fosfor yang tinggi lebih dari yang dapat kita pikirkan. Fosfor sangat dibutuhkan oleh tulang agar tetap sehat. Nutrisi ini tak cuma dapat mencegah tulang kita retak sebab kita mulai menua, akan tetapi juga bisa meningkatkan fungsi ginjal.
  4. Membantu mencegah anemia, yang menjadi sebuah kondisi di mana berapa sel darah merah berkurang drastic dikarenakan oleh berkurangnya zat besi. Jagung manis ini begitu mermanfaat untuk kesehatan kita sebab kaya akan asam folat yang bisa mencegah anemia serta vitamin B.
  5. Dibutuhkan selama proses kehamilan. Bagi wanita hamil, manfaat jagung manis ini adalah menyediakan asam folat dalam jumlah yang tinggi. Kekurangan zat ini bagi wanita hamil bisa mempengaruhi si bayi. Kekurangan asam folat di dalam tubuh bisa berpengaruh kepada berat badan bayinya nanti. Kandungan gizi dan nutrisi di dalam jagung manis berguna untuk mencegah bayi kekurangan berat badan serta membantu untuk menghindari cacat lahir yang lainnya.
  6. Sebagai pengontrol tingkat kolesterol di dalam tubuh. Kolesterol ini sendiri merupakan sebuah zat yang diproduksi oleh hati kita. Ada dua macam kolesterol, yaitu kolesterol baik atau yang biasa disebut dengan HDL serta kolesterol jahat alias LDL. Meningkatnya jumlah kolesterol jahat dikarenakan oleh asupan makanan yang berlemak dan bisa membuat hati kita semakin lemah dan bisa juga mengakibatkan munculnya gangguan penyakit kardiovaskular.
  7. Manfaat jagung manis lainnya adalah karotenoid, vitamin C, dan juga bioflavonoids yang terdapat di dalam jagung manis bisa membantu untuk menjaga jantung kita tetap sehat dengan cara mengendalikan kadar kolesterol di dalam darah kita serta meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY