Mengenal apa itu BAUME ??

Mengenal apa itu BAUME ??

DERAJAT BAUME

Derajat baume merupakan satuan skala hasil penemuan Antonie Baume seorang ahli kimia dari Perancis. Skala Baume adalah skala yang digunakan pada hydrometer untuk menentukan massa jenis cairan.

Skala Baumé bukan merupakan suatu ukuran konsentrasi. Contohnya untuk mengetahui molaritas dari HCl, maka harus mengkonversi derajat Baumé ke berat jenis, dan kemudian menggunakan berat jenis untuk membandingkan dari data yang berasal dari handbook. Sebagai contoh, CRC handbook mempunyai table yang menghubungkan berat jenis ke konsentrasi untuk asam sulfat.
Pada 60°F, berat jenis dapat dihitung dari derajat Baumé menggunakan rumus berikut:

  • Cairan yang lebih ringan daripada air : berat jenis = 140/(°Bé + 130)
  • Cairan yang lebih berat daripada air : berat jenis = 145/(145 – °Bé)

Walaupun skala Baumé hampir tidak pernah disebutkan khusus dalam kimia, namun sering digunakan sebagai cara yang tepat untuk memeriksa konsentrasi larutan.

Baume

Baume Derajat ( Baume Degree ) adalah ukuran densitas relatif sirup, Larutan garam, dan larutan kimiawi.
Ada 2 jenis yang dipakai Bé Berat untuk cairan yang lebih berat dibanding air dan Be ringan untuk cairan yang lebih ringan dibanding air. Untuk Bé Berat 0 derajat sama dengan larutan yang mempunyai densitas relatif 1,842. Adapun untuk Bé ringan, 0 derajat Bé sama dengan densitas larutan Nacl 10% dan 60 derajat Bé sama dengan larutan yang mempunyai densitas relatif 0,745.

* Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat untuk anda.

NO COMMENTS