Manfaat Kalibrasi Alat Ukur

Manfaat Kalibrasi Alat Ukur

Tentunya anda sudah mengetahui apa itu kalibrasi ? apa itu Tera ? Semakin banyaknya perusahaan industri diindonesia yang terkait dengan pengukuran, kamipun semakin mempelajari tentang pengertian Kalibrasi dan Tera.

Perusahaan industri yang berhubungan dengan pengukuran massa, volume, panjang, suhu, tegangan listrik, arus, keasaman, kelembaban dan besaran-besaran fisika maupun kimia lainnya yang diperlukan dalam pengontrolan proses dan produksi oleh industri, dan yang pastinya berkesinambungan dengan perusahaan lainnya yang terkait dengan pengukuran maka diperlukanlah kalibrasi dan akurasi di bidang industri. adapun manfaat kalibrasi :

    [checklist]

    • Diperolehnya kepastian akurasi pengukuran alat-alat produksi dan alat ukur dalam transaksi perdagangan sehingga terjadi transaksi yang adil, serta menghindari terjadinya sengketa atas hasil pengukuran dan pengujian yang berbeda.
    • Diperolehnya kepastian bahwa produk yang dihasilkan  memenuhi regulasi baik lokal maupun internasional;
    • Mengurangi risiko ditariknya produk gagal atau produk yang tidak memenuhi syarat regulasi;
    • Meningkatkan citra perusahaan.

    [/checklist]

Istilah Dalam Kalibrasi Alat Ukur :

  1. Resolusi adalah Nilai skala terkecil / suatu ekspresi kuantitatif dari kemampuan alat penunjuk untuk perbedaan yang cukup berarti antara nilai yang terdekat dari jumlah yang ditunjukkan.
  2. Akurasi adalah Kemampuan dari alat ukur untuk memberikan indikasi kedekatan terhadap harga sebenarnya dari objek yang diukur.
  3. Presisi Berbeda dengan akurasi, kalau presisi adalah kecenderungan data yng diperoleh dari perulangan mengindikasikan kecilnya simpangan (deviasi)
  4. Reapitibility adalah Ukuran variasi statistik data yang dihasilkan bila pengukuran dilakukan oleh personel, perlengkapan, serata ruangan dengan kondisi yang sama.
  5. Readability adalah Kemampuan dari indra manusia dalam membaca data yang dihasilkan oleh suatu instrumen. Readability ini dirumuskan dengan 1/2 x resolusi untuk alat ukur digital.

KalibrasiMetrologi adalah (ilmu pengukuran) adalah disiplin ilmu yang mempelajari cara-cara pengukuran, kalibrasi dan akurasi di bidang industri, ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam dunia moderen metrologi berperan vital untuk melindungi konsumen dan memastikan barang-barang yang diproduksi memenuhi standar dimensi dan kualitas yang telah ditetapkan ataupun diartikan Ilmu pengukuran dan aplikasinya yang menyangkut semua aspek teoritis dan praktis pengukuran, berapapun ketidakpastian pengukurannya dan apapun bidang aplikasinya (termasuk perancangan teknis, pelaksanaan pembuatan, pengendalian mutu, dan kalibrasi sampai kondisi lingkungan).

Kalibrasi dan Tera

Kalibrasi merupakan proses verifikasi bahwa suatu akurasi alat ukur sesuai dengan rancangannya. Kalibrasi biasa dilakukan dengan membandingkan suatu standar yang terhubung dengan standar nasional maupun internasional dan bahan-bahan acuan tersertifikasi.serta mengikuti petunjuk pada di dalam ISO/IEC 17025 : 2005. jadi semacam uji alat ukur , jadi di cocokin sama standar lisensi internasional atau bisa diartikan kegiatan untuk menentukan kebenaran konvensionalnilai penunjukan alat ukur dan bahan ukur dengan membandingkan dengan standar ukurnya yang mampu telusur (traceable) ke Standar Nasional atau Internasional untuk Satuan Ukuran.

Tera, adalah suatu kegiatan menandai dengan tanda Tera Sah atau Tera Batal yang berlaku, atau memberikan keterangan-keterangan tertulis yang bertanda Tera Sah atau tanda Tera Batal yang berlaku, dilakukan oleh pegawai yang berhak melakukannya berdasarkan pengujian yang dijalankan atas alat-alat UTTP yang belum dipakai, sesuai persyaratan dan atau ketentuan yang berlaku.

Sumber dari berbagai situs. ( Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda )

NO COMMENTS