Manfaat dan Khasiat Tanaman Bunga Kamboja

Tanaman bunga kambojaBunga tropis satu ini memang elok dipandang. Kuntum bunganya membentuk rosset dengan semburat warna terang di tengahnya. Bunganya beraroma harum lamat-lamat membuat kamboja seolah menyimpan pesona mistis. Belakangan, kamboja semakin digemari karena mengandung aneka manfaat. Banyak orang mengira kamboja berasal negara Kamboja. Dugaan ini keliru karena ternyata tanaman ini berasal dari daratan Amerika Tengah. Kamboja (Plumeria SP) ditemukan Charles Plumier (1646-1706), botanis asal Perancis. Untuk mengingat sang penemu, nama belakang charles Plumier diabadikan menjadi nama latin bunga ini. Keluarga Kamboja Kapan dan bagaimana kamboja menyebar ke Indonesia, tak ada data yang pasti. Menurut beberapa sumber, tanaman kamboja menyebar ke Indonesia melalui Belanda.

Ciri-ciri bunga kamboja yang jelas terlihat adalah bunganya yang beraroma khas dengan mahkota berwarna putih dan merah keunguan. Oleh karena aromanya yang khas tersebut sebagian masyarakat menganggap bahwa bunga ini memiliki kekuatan gaib. Ciri-ciri lainnya yaitu tanaman bunga kamboja mempunyai batang utama yang sangat keras, dan tingginya dapat mencapai lebih dari 6 meter sehingga tidak jarang dimanfaatkan sebagai bahan furnitur. Namun, cabang-cabangnya tergolong kayu lunak dan bergetah. Daun tanaman bunga kamboja berwarna hijau, berbentuk lonjong dengan urat daun terlihat menonjol, dan ujung daun yang meruncing. Namun, daun kamboja dapat rontok dengan cepat saat tiba musim berbunga. Biasanya tanaman kamboja dapat berbunga sepanjang tahun.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Bunga Kamboja

  • Khasiat bunga kamboja untuk sakit bisul
  • Khasiat bunga kamboja untuk sakit disentri atau mencret
  • Khasiat bunga kamboja untuk gigi berlubang
  • Khasiat bunga kamboja untuk kencing nanah
  • Khasiat kembang kamboja untuk kaki pecah-pecah

Jenis-Jenis Bunga Kamboja atau Adenium

  1. Adenium Windmill
  2. Adenium Swazicum
  3. Adenium Waterfall
  4. Adenium Obesum
  5. Adenium Multiflorum
  6. Adenium White Knight
  7. Adenium Boehmianum

Jenis-Jenis Bunga Kamboja atau Adenium tidak membutuhkan banyak air karena akarnya sudah menyimpan banyak air. Bunga ini juga tidak boleh kelebihan atau kekurangan air karena akan dapat membuat akar menjadi busuk. Bunga ini sangat membutuhkan sinar matahari.

Budidaya Tanaman Bunga Kamboja saat ini semakin menggeliat dijadikan bisnis pada kalangan pengusaha, harga untuk bunga kamboja variatif sempat kami membaca untuk bisnis bunga kamboja bulan lalu diperkiraan merosot tajam, dan sekarang harga untuk bunga kamboja tersebut berangsur naik.

Instruments untuk Pengukur Kelembaban atau Kadar Air pada bunga kamboja memakai Moisture Meter MC7825P

NO COMMENTS