Manfaat Bisnis Biji Buah Pinang

Pinang adalah sejenis palma yang tumbuh di daerah Pasifik, Asia dan Afrika bagian timur. Pinang juga merupakan nama buahnya yang diperdagangkan orang. Pelbagai nama daerah di antaranya adalah pineung (Aceh), pining (Batak Toba), penang (Md.), jambe (Sd., Jw.), bua, ua, wua, pua, fua, hua (aneka bahasa di Nusa Tenggara dan Maluku) dan berbagai sebutan lainnya. ( wikipedia )
Pinang yang memiliki nama ilmiah Areca catechu ini memiliki batang lurus langsing dan dapat mencapai ketinggian 25 meter. Dengan batang tinggi langsing serta lurus ini, membuat pohon pinang banyak digunakan sebagai media untuk permainan panjat pinang. Pohon pinang memang tidak menghasilkan buah yang dapat dikonsumsi langsung, tetapi buah pinang ternyata telah banyak dimanfaatkan oleh leluhur kita sebagai obat tradisional.

Buah Biji Kering
Buah Biji Kering

Pinang ditanam untuk dimanfaatkan biji dan batangnya, orang-orang barat menyebut biji pinang dengan sebutan ‘betel nut’. Biji ini telah lama dmanfaatkan orang sebagai campuran untuk orang makan sirih selain dari kapur dan gambir. Saat ini biji pinang telah menjadi komoditi perdagangan, biji pinang saat ini diekspor dari Indonesia ke beberapa Negara di Asia seperti India, Pakistan dan Nepal.

Kandungan Buah Pinang

Biji pinang yang memiliki rasa pahit itu mengandung alkoloida seperti arekaina (arecaine) dan arekolina (arecoline) yang memiliki sifat racun dan adiktif. Beberapa jenis pinang akan menyebabkan rasa pening jika dimakan. Beberapa kandungan senyawa penting pada buah pinang antara lain adalah arecaidine, arecolidine, guvacoline, guracine (guacine) dan beberapa unsur lainnya.

Manfaat Buah Pinang Untuk Pengobatan

  1. Buah pinang memiliki banyak sekali manfaat sebagai tanaman obat, beberapa manfaat buah pinang sebagai tanaman obat adalah:
  2. Pinang dapat kita manfaatkan untuk mengobati luka kulit dengan cara menumbuk daging buah pinang yang masih muda kemudian menempelkanya pad abagian kulit yang terluka.
  3. Biji buah pinang muda juga dapat dimanfaatkan untuk mengecilkan rahim setelah melahirkan dengan cara merebus buah piang muda kemudian meminum airnya secara rutin sampai rahimnya mengecil.
  4. Buah pinang dapat dimanfaatkan untuk mengobati mata rabun dengan cara mengunyah buahnya kemudian meminum airnya.
  5. Buah pinang juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati cacingan, khususnya untuk mengobati cacing pita. Caranya adalah dengan merebus biji pinang muda hingga mendidih, dinginkan airnya, kemudian minumkan air rebusan biji pinang tersebut kepada penderita cacingan.
  6. Buah pinang juga bermanfaat sebagai penambah gairah bagi kaum pria karena dalam buah pinang terkandung arekolin.

Menimang Budidaya Buah Pinang

Pinang (Areca catechu) sudah lama dikenal bisa menjadi obat alternatif atau herbal yang berkhasiat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Tak heran, banyak pembudidaya tanaman sejenis kelapa ini. Tertarik ikut meramaikannya?

Sebagai tanaman yang masuk ke dalam famili arecaceae atau palmae, budidaya pinang cukup mudah. Tanaman ini dapat dibudidayakan dari buahnya yang sudah tua. Kendati mudah, budidaya pinang harus memperhatikan beberapa hal, seperti kondisi lahan, curah hujan, dan tingkat kelembapan.
Salah satu yang membudidayakan  Abu Umar pemilik UD Mitra Sukses Sejati asal Cilegon, Banten. Ia mengatakan, permintaan buah pinang sangat tinggi. Menurut Umar, sejak tahun 1990-an, budidaya buah pinang memang sudah ramai. Dirinya, berkesempatan untuk memulai budidaya pinang sejak tahun 2000.

Manfaat Bisnis Biji Buah Pinang

Hingga sekarang, ia hanya menjual pinang untuk memenuhi permintaan dalam negeri. Permintaan paling banyak berasal dari Jakarta dan Bekasi. Meskipun, Umar sejatinya tahun persis bahwa permintaan dari beberapa negara seperti Malaysia dan Singapura juga cukup tinggi.
Hanya, urusan ekspor harus berurusan birokrasi yang cukup sulit, ia pun memutuskan menjual pinang hasil budidaya kebunnya di dalam negeri saja. Jenis pinang yang ia jual adalah pinang merah. Dari satu jenis itu, dia bisa menghasilkan tiga varian pinang untuk diperjual belikan.
Varian pertama yang paling banyak diminati yakni pinang kering iris koin. Harga untuk varian ini Rp 21.000 per kilogram. Sementara, varian lainnya hanya diproduksi jika ada permintaan, mengingat harganya yang murah seperti pinang utuh atau biji yang dijual seharga Rp 7.000 per kg dan pinang belah berkisar Rp 14.000-Rp 15.000 per kg.

Umar menceritakan, budidaya pinang tumbuh di atas lahan seluas 20 hektare (ha). Buah pinang baru itu bisa dipanen setelah tiga tahun masa tanam. Namun, Umar memilih strategi menanam dengan sistem bergulir.

Dengan begitu, Umar bisa memanen pinang sebanyak tiga kali dalam sebulan. Dalam sekali panen, ia bisa mendapat hasil minimal 20 ton. Bahkan, hasilnya bisa berlebih hingga total 100 ton sebulan. Dari jenis pinang, iris koin sangat produktif berbuah.

Total dari hasil penjualan pinang , Umar mengaku bisa meraup omzet Rp 400 juta sebulan. Dari jumlah itu, laba bersih yang ia raih 5% – 10%.
Untuk memulai bisnis ini, Umar menyarankan agar pebisnis tak tanggung-tanggung dalam mengeluarkan modal. Jika modal yang dikeluarkan kecil, susah mendapat untung yang banyak dari bisnis jual-beli pinang ini. Selain itu, sasaran pasar buah pinang juga harus dicari dulu, apakah pasar dalam negeri atau luar negeri.

Manfaat Bisnis Biji Buah Pinang

Pelaku bisnis lainnya adalah UD Mekar Yaero Lestari. Theresia Yani, Marketing UD Mekar Yaero Lestari mengungkapkan bisnis buah pinang cukup menjanjikan.
Namun, Mekar tidak langsung menanam buah pinang. Mekar Yaero membeli buah pinang dari petani yang kemudian akan dijual kembali ke pelanggannya.

Kebanyakan buah pinang diambil dari Lampung. “Pinang dari Sumatra lebih baik kualitasnya,” ujar dia. Agar hasil maksimal, petani mendapatkan pelatihan soal buah pinang dari Mekar Yaero.
Yani bilang, pelanggannya banyak berasal dari Papua dan Manado. Dalam sebulan, Mekar Yaero bisa menjual 500 kilogram buah pinang, dengan omzet mencapai sekitar Rp 5 juta per bulan.ktn

Budidayanya Semudah Pohon Kelapa

Budidaya pinang hampir sama dengan budidaya kelapa. Pasalnya, kedua tanaman ini termasuk dalam famili arecaceae atau palmae (palem-paleman). Sama halnya kelapa, budidaya pinang juga berasal dari buah.
Namun, kriteria buah yang bisa dijadikan bibit harus yang sudah tua dan dalam kondisi bagus. Cara menyemai buah tersebut cukup ditaruh di dalam kantong plastik atau polybag.

Lamanya penyemaian memerlukan waktu 18 sampai 30 bulan. Saat itu, bibit sudah tumbuh dengan lima sampai tujuh helai daun. Abu Umar, pemilik UD Mitra Sukses Sejati asal Cilegon, Banten bilang, bibit berusia 18 – 30 bulan itu sudah bisa ditanam di tanah.
Bila ditanam di areal perkebunan yang masih banyak terdapat babi hutan, tanaman ini harus benar-benar dijaga. Setidaknya, selama tanaman pinang berusia tiga bulan pertama sejak ditanam.

“Soalnya, pohon pinang muda memiliki akar yang manis bagi babi. Jadi, babi suka merusak dan mematahkan pinang untuk mendapatkan akarnya,” kata Umar.
Untuk melindungi dari serangan babi, petani dapat memagari lahan dengan bambu yang panjang. Bagian bawah pagar harus dibikin agak rapat supaya babi tidak bisa masuk ke perkebunan. “Babi bisa mengorek tanah ketika mencoba masuk ke dalam lahan,” jelasnya.
Setelah diameter batang mencapai ukuran 1,5 meter (m) hingga 2 m atau setelah tiga bulan, tidak perlu lagi perawatan khusus.
Buah pinang baru bisa dipanen setelah tiga tahun ditanam. Buah pinang yang sudah dipanen harus dikeringkan supaya tak berjamur.

Theresia Yani, Marketing UD Mekar Yaero menambahkan, pinang asal Sumatera tergolong lebih baik dibanding pinang dari daerah lain. Makanya, banyak pelangganya lebih memilih pinang yang tumbuh di Sumatera. “Saat ini kami sudah memiliki jaringan dengan petani di Lampung,” jelasnya.
Ia bilang, tim dari UD Mekar Yaero kerap memberikan penyuluhan cara pembibitan pinang agar menghasilkan kualitas yang bagus kepada para petani.

Menurutnya, pinang bisa tumbuh dengan baik dan menghasilkan produksi yang memuaskan jika tumbuh di lahan dengan ketinggian 0-1.000 meter di atas permukaan laut (mdpl). Namun, untuk lokasi idealnya ada di ketinggian 600 mdpl.
Selain itu, pinang harus ditanam di tanah yang gembur dengan curah hujan antara 750-4.500 milimeter per tahun. Suhu kelembapannya juga harus diperhatikan.

Pinang dapat tumbuh baik dengan suhu antara 20 derajat celcius sampai 30 derajat celcius. Pinang juga harus mendapat sinar matahari yang cukup berkisar enam hingga delapan jam per hari.
Beberapa penyakit yang mungkin menyerang adalahBercak daun menguning (yellow leaf spot). Penyebabnya penyakit brtcak daun adalah cendawan Curvularia sp. Gejala pada lamina daun, terlihat bercak-bercak kuning 3-10 mm diameter. Infeksi lanjut dapat menyebabkan kematian bibit. Penyemprotan dengan Dithane dapat mengurangi serangan.

Leaf blight. Penyebabnya adalah Pestalotia palmarum Cooke. Gejala penyakit berupa bercak-bercak coklat kekuningan pada helaian daun. Pemupukan N dan K2O ataupun dengan pemberian naungan dapat menekan penyakit.
Karat merah daun (red rust).Penyebabnya yaitu Cephaleuros sp. Cendawan ini menginfeksi batang dan daun. Sehingga terlihat bercak tak beraturan pada bagian batang dan daun yang berwarna kekuningan. Untuk menghindari perlu dibuat naungan secukupnya.
Ada juga Busuk akar/pangkal batang (root/collar rot).Penyebabnya adalah cendawan Fusarium sp. dan Rhizoctoria sp. Penyakit ini biasanya terlihat di pembibitan dengan sistim drainase jelek. Serangan cendawan ini mengakibatkan tanaman layu.

Busuk buah (fruit rot).Penyebabnya adalah Phytopthora arecae. Gejala bercak basah terlihat pada permukaan buah dekat kelopak bunga (perianth). Bercak ini akan menyebar sehingga warna buah berubah menjadi hijau tua. Jika bercak mencapai bagian apikal buah maka akan menyebabkan buah gugur. Pengendalian secara kimia dapat di lakukan dengan fungisida Copper oxychlorride serta fitosanitasi (pembersihan) kebun. Pengendalian lainnya dengan melakukan fotosanitasi pada kebun-kebun.ktn,ins

Obat Cacingan hingga Ramuan ‘Greng’

Sudah diketahui dari dulu buah pinang banyak mengandung khasiat dalam pengobatan tradisional. Buah ini bersifat anthelmintica yang berguna meluruhkan cacing dan adstringensia untuk menciutkan selaput lendir.
Bahkan, disebuah restoran di Bandar Lampung pemiliknya justru menyediakan jus buah pinang dicampur dengan beragam bahan, khasiatnya diyakini bisa meningkatkan vitalitas pria.

Rumah makan khas Sumatera Barat yang terletak di Jalan Zaenal Abidin, Pagar Alam, Kedaton, Bandar Lampung ini memang tampak rumah makan pada umumnya. Berbagai jenis makanan hidangan khas tanah Minang pun tampak tersedia. Tapi ada satu menu yang membedakannya dengan rumah makan lain ditempat ini yakni minuman jus buah pinang muda.
Arifin, salah satu karyawan rumah makan ini biasa meracik jus buah pinang muda itu mengatakan, untuk rasa pahit bisa dinetralisir dengan menggunakan gula putih secukupnya. Cukup mudah cara pembuatannya.

Setelah berhasil dipisahkan dengan kulitnya, kemudian dicampur dengan satu butir kuning telur ayam kampung atau telur bebek. Sebelum proses pemblenderan sebaiknya dicampur dengan tiga sendok madu dan susu kental manis secukupnya untuk ukuran satu gelas jus buah pinang muda.
Sebelum dihidangkan jus pinang ini disaring dahulu agar ampas dari buah pinang tidak ikut terminum. Pada umumnya penikmat jus buah pinang muda ini adalah kaum lelaki. Selain cocok untuk mengobati rasa pegal, juga dipercaya mampu menambah vitalitas kaum lelaki.

Karena kandungannya, minuman segar buah pinang muda ini juga cocok dikonsumsi untuk para kaum manula. Anda cukup mengeluarkan kocek Rp 8000 bisa menikmati jus buah pinang muda ini. Mudah dan murah bukan?

* Semoga Artikel ini bermanfaat untuk anda.

3 COMMENTS

  1. kami menjual Alat Digital Meter Untuk kebutuhan pengukuran kadar air pada biji pinang, kakao dan hasil bumi lainnya ? untuk informasi harga pasaran ke forum yang berhubungan dengan pertanyaan ibu, karena menurut saya harga pasar tsb variatif sesuai dengan per daerah. terimakasih ..

LEAVE A REPLY