Khasiat dan Manfaat Beras Merah

Khasiat dan Manfaat Beras Merah

Khasiat Beras Merah – Mungkin sebelumnya kita telah membahas Khasiat Daun Sirsak, dan pada kesempatan kali ini kita akan berbagi cerita tentang Khasiat Beras Merah. Beras merah mungkin sedikit bagi sebagian orang jarang mengkonsumsi jenis beras yang berwarna merah ini. Tapi bagi kebanyakan orang jenis beras yang mempunyai warna merah ini difavoritkan, apabila berkunjung ke rumah makan yang mempunyai menu makanan berupa beras merah. Beras merah memang berbeda dengan beras putih yang setiap hari kita konsumsi, beras merah diyakini mengandung lebih banyak nutrisinya meskipun beras merah sendiri lebih cepat basi. Rasa dari beras merah sendiri sedikit seperti kacang dan lebih kenyal dibandingkan beras putih.

Beras Merah
Beras Merah

Di beberapa negara terutama di negara-negara asia, dulu beras merah sering dikaitkan dengan masa kemiskinan ataupun masa perang. Beras merah jarang dikonsumsi kecuali oleh orang sakit, manula atau penderita sembelit. Tapi saat ini beras merah dicari banyak orang karena kandungan gizinya yang memberikan khasiat beras merah untuk kesehatan tubuh kita. Khasiat beras merah sendiri dikenal sejak tahun 2800 SM. Di zaman itu para tabib percaya khasiat beras merah memberikan efek medis yang menenangkan. Para penulis di asia timur pun menyatakan khasiat beras merah dapat mengusir penyakit karena keseimbangan alamiahnya. Para ilmuwan masa kini juga membuktikan khasiat beras merah, mereka menyatakan khasiat beras merah merupakan sumber antioksidan yang baik, pigmen antosianin lah yang menghasilkan antioksidan dari beras merah.

Khasiat Beras Merah

Beras merah memang sangat memiliki banyak kandungan seperti karbohidrat, protein, magnesium, lemak dan serat juga sejumlah mineral lainnya. Dan apabila beras merah digiling dan dilakukan pencucian berkali-kali sehingga menjadi putih, beras merah pun kehilangan kandungan 67% vitamin B3, 80% vitamin B1, 90% viamin B6, setengah mangan, setengah fosfor, 60% zat besi dan juga menghilangkan serat serta asam lemak esensialnya. Untuk menggantikan zat gizi yang hilang dalam beras merah yang melalui proses penggilingan dan pencucian ini biasanya dilakukan pross “pengayaan” dengan vitamin B1, B3 dan zat besi. Tapi upaya ini tidak sepenuhnya berhasil, setidaknya 11 zat gizi telah hilang dan tidak dapat digantikan dengan proses pengayaan ini.
Lalu apa saja sebenarnya khasiat beras merah yang bermanfaat untuk tubuh kita? Berikut adalah khasiat beras merah yang baik untuk kesehatan tubuh kita:

Khasiat beras merah dapat mengurangi resiko terkena penyakit diabetes. Berdasarkan penelitian yang dilakukan baru-baru ini di Sekolah Kesehatan Masyarakat Harvard, Amerika Serikat. Jika mengkonsumsi dua porsi atau lebih beras merah per minggunya, dapat mengurangi resiko terserang penyakit diabetes. Padahal apabila kita mengkonsumsi lima porsi atau lebih beras putih per pekannya dapat meningkatkan resiko penyakit diabetes.

Khasiat beras merah dapat mencegah penyakit kanker dan penyakit degeneratif lainnya, ini karena beras merah mengandung selenium, zat ini berfungsi untuk mengubah peroksida menjadi komponen yang tidak beracun, sehingga selenium berpotensi dapat mencegah penyakit kanker dan penyakit degeneratif lainnya.

Beras Merah

Khasiat beras merah dapat mencegah penyakit gondok, ini juga karena beras merah mengandung selenium. Karena apabila kadar selenium didalam tubuh rendah maka dapat menurunkan pembentukan hormon T3 (triiodotironin) dan T4 (tetraiodotironin) yang sangat berperan aktif dalam pertumbuhan tubuh. Akibatnya, pembentukan tiroksin rendah dan timbulah penyakit gondok.

Khasiat beras merah dapat mencegah sembelit, ini karena beras mengandung banyak fiber dan selulosa. Kandungan fiber yang tinggi dapat membuat seseorang merasa lebih kenyang dan tidak mudah lapar, sehingga sangat baik untuk pola diet.
Khasiat beras merah dapat menurunkan keakutan asma, ini karena beras merah mengandung magnesium dan dalam beberapa studi magnesium yang terkandung dalam beras merah dapat menurunkan keakutan asma.

Khasiat beras merah dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), ini karena beras merah mengandung serat. Dan secangkir beras merah perharinya mampu menyediakan 14% serat, dan serat ini mampu menurunkan kolesterol tinggi dan juga menghambat aterosklerosis. Berdasarkan studi di Universitas negara bagian Louisiana, Amerika Serikat, menemukan juga bahwa minyak dedak beras merah ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang terdapat dalam tubuh manusia.

Khasiat Beras Merah

Selain khasiat beras merah yang tadi disebutkan, khasiat beras merah yang lainnya masih banyak karena banyaknya kandungan gizi yang terdapat dalam beras merah. seperti halnya khasiat beras merah yang dapat membantu pembentukan energi didalam tubuh karena kandungan vitamin B1, B6 dan B12 yang dapat membentuk energi didalam sel dan difasilitasi oleh vitamin B. khasiat beras merah pun dapat menggangu lemak yang terdapat dalam makanan dan membuat makanan lebih menyehatkan.

Dan itulah tadi sedikit cerita tentang khasiat beras merah dari sekian banyakanya khasiat beras merah yang bermanfaat untuk tubuh kita apabila kita mengkonsumsinya. Memang bila dibandingkan dengan beras putih banyak orang menyangka khasiat beras merah lah yang lebih membantu untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Semoga tulisan khasiat beras merah ini dapat bermanfaat untuk semua pembacanya.

Manfaat beras merah jika dikonsumsi secara rutin dalam jangka panjang umumnya dapat membantu mengatasi beragam gangguan kesehatan. Manfaat beras merah dapat meningkatkan kebugaran tubuh serta dapat meningkatkan corak kulit.

Beras merah tergolong real food karena secara tradisional proses pembuatan dan cara memasaknya diturunkan oleh nenek moyang kita ribuan tahun yang lalu. Dengan catatan, cara budidayanya menganut pertanian organik seperti yang telah dilakukan oleh nenek moyang kita. Berbeda dengan beras putih yang peralatan proses pembuatannya baru ditemukan sekitar tahun 1860 di Skotlandia.

Manfaat beras merah organik
Mengapa harus organik? Hal ini untuk mencegah adanya kandungan senyawa toksik arsenik yang umumnya terkandung dalam beras yang dibudidayakan secara anorganik. Kandungan arsenik tersebut disebabkan penggunaan pestisida yang mengandung arsenik sehingga residunya terakumulasi di sawah. Kadar rendah arsenik memang tidak akan menimbulkan sakit akut, tetapi berisiko menimbulkan kanker dalam jangka panjang. Terekspos arsenik dalam kadar tinggi dapat mempengaruhi berbagai organ vital, termasuk kulit, pernapasan, kardiovaskuler, sistem kekebalan, reproduksi, pencernaan, dan saraf.

Manfaat beras merah untuk diet

Saat ini, di pasaran telah beredar varian beras merah yang disebut beras diet yang sebenarnya merupakan beras merah germinasi (germinated brown rice, GBR). Beras diet ini memiliki khasiat kesehatan yang lebih baik dibandingkan dengan beras putih maupun beras merah biasa. Hal tersebut disebabkan—terutama—karena kandungan GABA (gamma-asam amino butirat) dalam beras diet lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan GABA dalam beras putih maupun beras merah biasa.
Manfaat beras merah untuk mencegah kanker dan leukimia
Senyawa aktif GABA inilah yang menyebabkan beras merah dan beras diet memiliki aktivitas penghambat tumbuhnya sel leukemia dan memiliki aktivitas merangsang terjadinya proses apoptosis (kematian sel terprogram) pada sel kanker. Ketahui juga manfaat minyak zaitun dan khasiatnya bagi kesehatan.

* Artikel diambil dari berbagai situs semoga bermanfaat untuk anda, informasi dan product alat alat ukur hub. Contact Support kami.

NO COMMENTS