Jamu Tradisional Obat Tradisional

Jamu Tradisional Obat Tradisional

Obat tradisional adalah obat-obatan yang diolah secara tradisional, turun-temurun, berdasarkan resep nenek moyang, adat-istiadat, kepercayaan, atau kebiasaan setempat, baik bersifat magic maupun pengetahuan tradisional. Menurut penelitian masa kini, obat-obatan tradisional memang bermanfaat bagi kesehatan, dan kini digencarkan penggunaannya karena lebih mudah dijangkau masyarakat, baik harga maupun ketersediaannya. Obat tradisional pada saat ini banyak digunakan karena menurut beberapa penelitian tidak terlalu menyebabkab efek samping, karena masih bisa dicerna oleh tubuh.
Beberapa perusahaan mengolah obat-obatan tradisional yang dimodifikasi lebih lanjut. Bagian dari Obat tradisional yang bisa dimanfaatkan adalah akar, rimpang, batang, buah, daun dan bunga. Bentuk obat tradisional yang banyak dijual dipasar dalam bentuk kapsul, serbuk, cair, simplisia dan tablet.

Jamu tradisional di masyarakat, jamu tak pernah mati. Peminatnya masih tetap banyak dan semuanya terdiri dari berbagai golongan usia. Dengan tingginya tingkat persaingan bisnis di bidang obat-obatan dan herba, baguskah prospek jamu tradisional di masa depan?

Jamu tradisional yang lazim juga disebut herba atau herbal adalah ramuan tradisional dari bahan alami seperti tanaman dan juga bagian tubuh hewan. Sangat jelas bahwa lahirnya suatu ramuan tradisional bukanlah proses yang singkat melainkan sudah sejak lama di lakukan percobaan oleh leluhur di zaman dahulu.

Mengapa jamu tradisional masih tetap bertahan sampai dengan saat ini? Setidaknya ada 3 penyebabnya :

  • Pertama : makin banyak yang tertarik untuk meneliti bahan-bahan alami.
  • Kedua : makin banyak orang yang memercayai khasiat bahan alami.
  • Ketiga : gaya hidup back to nature yang melanda dunia.

Kini jamu tradisional bersaing ketat dengan obat-obatan herba dari luar negeri. Walaupun begitu jamu tradisional tidak kehilangan keunikannya,karena jamu dalam negeri atau produk indonesia selalu memanfaatkan keanekaragaman hayati sebagai obat-obatan.

Berikut ini beberapa manfaat bila mengonsumsi jamu tradisional :

  • Mengatasi gangguan tidur
  • Menambah nafsu makan
  • Mengatasi pegel linu
  • Mengatasi rematik
  • Menjaga stamina dan kestabilan tubuh

Obat batuk tradisional alami untuk batuk berdahak dan batuk kering. Batuk kadang menjadi sesuatu yang sangat menjengkelkan dan menyiksa, apalagi di malam hari, istirahat pun jadi terganggu. Ada kalanya obat batuk yang beredar di toko obat baik yang sirup maupun tablet tidak lagi berfungsi dengan baik.

Batuk umumnya disebabkan oleh adanya gangguan pada reseptor saluran pernafasan, baik itu berupa debu, bakteri, ataupun lendir dan dahak. Ketika hal itu terjadi maka lapisan syaraf pada saluran pernafasan secara refleks akan merespon secara terus menerus yang akhirnya kita sebut batuk.

Obat Tradisional
Jamu Tradisional

batuk, obat batuk tradisional

Jika hal tersebut terjadi maka anda bia mencoba obat batuk tradisional dengan bahan alami berikut ini:

Obat Batuk Berdahak

1. Jahe dan Kencur
Jahe memiliki kandungan anti bakteri yang cukup baik yang mampu menghilangkan dahak. Selain itu jahe juga mampu menghangatkan tubuh yang menggigil akibat gejala batuk dan demam. Caranya: Iris jahe dan kencur tipis-tipis, di parut juga bisa. Kemudian rebus irisan tersebut peras dan ambil airnya. Minum air tersebut sehari 3 kali, atau ketika tenggorokan merasa gatal.

2. Jeruk Nipis
Jeruk nipis yang di campur dengan kecap sudah lama dikenal sebagai obat batuk berdahak yang alami. Anda dapat menggunakan obat ini untuk mengobati batuk berdahak. Apabila tidak suka dengan kecap maka bisa digantikan dengan madu. Caranya: Peras jeruk nipis dan campur dengan kecap atau madu. Minum sebanyak 3 kali sehari.

3. Daun Sirih
Daun sirih juga banyak mengandung antibiotik yang bisa dijadikan sebagai obat batuk berdahak dan mengeluarkan dahak. Caranya: Rebus daun sirih yang di campur dengan sedikit jahe. Diamkan air rebusan untuk beberapa saat, minim sebanyak 1 kali sehari.

Obat Batuk Kering

1. Kunyit dan Madu
Untuk mengobati batuk kering, bisa memanfaatkan kunyit dan madu, serta bisa ditambah susu. Kunyit memiliki khasial alami untuk menghilangkan batuk kering akibat radang pernafasan. Caranya: Buatlah satu gelas susu kemudian tambahkan 1/2 sendok teh kunyit yang sudah ditumbuk halus. Kemudian tambahkan madu secukupnya. Minum 1 hari 2 – 3 kali.

2. Daun Kemangi
Daun kemangi telah diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk batuk berdahak. Caranya cukup mudah, yaitu dengan cara siapkan satu gelas air putih, masukan 2-3 lembar daun kemangi, rebus air tersebut dan munum selagi hangat.

3. Seledri dan Madu

Madu dan seledri juga dapat mengobati batuk. Caranya: Cuci bersih 30 gr daun seledri kemudian potong-potong. Masukan potongan pada 3 gelas air yang direbus, biarkan hingga sisah 1 gelas. Minum ramuan tersebut sebanyak 2 kali sehari pagi dan sore.

Itulah beberapa ramuan obat batuk tradisional yang dapat anda gunakan sebagai alternatif untuk mengobati batuk berdahak dan batuk kering. Apabila anda telah mencoba obat batuk di atas dan belum mengalami perubahan, ada baiknya segera konsultasi ke dokter spesialis untuk menanyakan lebih detail sakit yang anda derita.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk anda.

NO COMMENTS