Humidity Meter Adalah ?

Kegunaan dari Humidity Meter?

Humidity meter adalah perangkat elektronik yang mengukur dan menampilkan jumlah kelembaban, atau uap air di udara. Yang khas dari Humidity meter adalah apa yang dikenal sebagai meter kelembaban relatif, yang berarti bahwa mengukur jumlah uap air di udara dan menampilkan nilai persentase kelembaban maksimum yang mungkin pada suhu tersebut. Humidity meter memiliki kegunaan berbeda, karena kualitas udara dapat memiliki efek yang berbeda terhadap lingkungannya.

Humidity Meter Adalah ?

HIDROPONIK
Salah satu penggunaan yang paling umum humidity meter adalah pada tanaman hidroponik yang tumbuh di dalam ruangan. Beberapa jenis tanaman membutuhkan rentang tertentu kelembaban untuk tumbuh dan tetap sehat. Humidifier atau dehumidifiers menambah atau menghapus uap air dari udara, dan kelembaban meter perlu tahu kapan perangkat ini harus diaktifkan atau dinonaktifkan. Karena tanaman juga memiliki persyaratan suhu khusus, banyak humidity meter juga tersusun dari sebuah termometer elektronik.

Pameran Seni
Sedikit humidity meter kadang dikombinasikan dengan termometer, adalah pemandangan umum di banyak sudut seni menampilkan galeri atau museum. Ini karena kelembaban memiliki dampak yang sangat buruk pada karya seni, terutama karya-karya yang dihasilkan dengan menggunakan kertas tertentu atau logam. Terlalu banyak kelembaban dapat menyebabkan karat, jamur atau perubahan warna, sedangkan kelembaban tidak cukup dapat menyebabkan bahan-bahan alami untuk mengering dan menjadi rapuh atau berubah warna. Paling modern museum dan galeri menggunakan sistem kontrol iklim yang canggih untuk mencegah kerusakan semacam ini dari terjadi.

Penyimpanan
Bidang penyimpanan dan pengarsipan merupakan tempat di mana humidity meter sangat penting. Seni kubah, kubah film dan ruang di mana barang antik disimpan harus disimpan dalam rentang menguntungkan suhu, kelembaban dan cahaya untuk melestarikan bahan untuk selama mungkin. Beberapa kubah seni dan film yang dibangun bawah tanah untuk memberikan kontrol yang lebih besar arsiparis iklim dalam, dan untuk melindungi mereka terhadap kerusakan dalam kasus kehancuran lingkungan hidup.

Meteorologi
Meteorologi juga menggunakan humidity meter untuk memantau data penting tentang pola cuaca. Teknik mengukur dan tren kelembaban merekam banyak seperti pola temperatur, dan mereka menggunakannya untuk memprediksi kejadian cuaca masa depan atau ke grafik perubahan jangka panjang dalam pola iklim. Catatan kelembaban luas dari ahli meteorologi juga berguna untuk para ilmuwan mempelajari tanaman dan hewan hidup dari daerah tertentu di mana perubahan iklim dapat mempengaruhi pertumbuhan atau pola migrasi.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk anda.

NO COMMENTS