Cari tau yuk ! Asal kedelai dimana ?

Cari tau yuk ! Asal kedelai dimana ? ayo kita ulas darimana asalnya ..

Asal usul dan taksonomi kedelai

Kedelai merupakan tanaman asli Daratan Cina dan telah dibudidayakan oleh manusia sejak 2500 SM. Sejalan dengan makin berkembangnya perdagangan antar negara yang terjadi pada awal abad ke-19, menyebabkan tanaman kedalai juga ikut tersebar ke berbagai negara tujuan perdagangan tersebut, yaitu Jepang, Korea, Indonesia,India, Australia, dan Amerika. Kedelai mulai dikenal di Indonesia sejak abad ke-16. Awal mula penyebaran dan pembudidayaan kedelai yaitu di Pulau Jawa, kemudian berkembang ke Bali, Nusa Tenggara, dan pulau-pulau lainnya. Pada awalnya, kedelai dikenal dengan beberapa nama botani, yaitu
Glycine soja dan soja max namun pada tahun 1948 telah disepakati bahwa nama botani yang dapat diterima dalam istilah ilmiah, yaitu

  • Glycine max 
  • (L.) Merill. Klasifikasi tanaman kedelai sebagai berikut :
  • Divisio : Spermatophyta
  • Classsis: Dicotyledoneae
  • Ordo : Rosales
  • Familia : Papilionaceae
  • Genus : Glycine
  • Species : Glycine max (L.) Meril

Kacang Kedelai

Istilah kedelai biasanya digunakan untuk merujuk pada makanan atau bahan makanan yang berasal dari kacang kedelai, yaitu jenis kacang-kacangan. Semua produk kedelai terbuat dari kacang kedelai. Kacang kedelai mengandung protein, vitamin, mineral, serat dan isoflavon (sejenis estrogen yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh). Makanan tradisional yang terbuat dari kedelai adalah tahu, tempe dan miso. Tetapi, sekarang ini produk makanan dari kedelai semakin berkembang, seperti susu kedelai, yogurt, keju kedelai, roti, sereal, sosis kedelai, suplemen, dan masih banyak lagi.

kedelai
Kedelai

Selama bertahun-tahun produk makanan kedelai telah dikonsumsi sebagai bagian dari makanan pokok, dan sebagai sumber protein. Kamu bisa mendapatkan kacang kedelai di pasar atau supermarket dalam bentuk kacang kedelai utuh yang kering atau yang dikalengkan. Selain itu, ada juga dalam bentuk edamame, yaitu kacang kedelai yang sudah dipetik sebelum sepenuhnya matang.

Cari tau yuk ! Asal kedelai dimana ?

Di antara jenis kacang-kacangan lainnya, kacang kedelai bisa diproses dengan berbagai macam cara. Kacang kedelai dapat direndam dalam air, dimasak, dan disaring untuk dibuat menjadi susu kedelai dan yogurt kedelai. Kacang kedelai juga bisa difermentasi menjadi sebuah adonan yang disebut miso atau bisa juga dibuat menjadi kue dan tempe. Selain itu, kedelai juga dapat ditemukan dalam makanan kemasan, seperti energy bar atau sereal.

Nutrisi terbesar yang terkandung dalam kedelai adalah protein. Kedelai adalah satu-satunya tumbuhan yang mengandung seluruh asam amino esensial (9 jenis) yang diperlukan oleh tubuh. Karena kandungan proteinnya yang banyak, kedelai sangat cocok menjadi pengganti dari daging dan telur. Selain itu, kacang kedelai juga tidak mengandung kolesterol dan mengandung lebih sedikit lemak dibandingkan daging dan susu.
Kedelai merupakan golongan kacang-kacangan yang mengandung kadar glikemiks rendah atau Low GI (Glikemiks Index). Dengan demikian manfaat kacang kedelai akan membuat penderita mampu merasa kenyang lebih lama, sehingga kadar gula darah pun akan lebih terkontrol. Hal ini cukup berguna bagi Diabetesi.

* artikel diambil diberbagai sumber situs

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY