Cara Kerja Alat Pengukuran Kadar Air Kayu

Pringsip kerja Alat ukur kadar Air Elektronik ( Electronic Moisture Con-Tent Tester )

Berbagai Macam Metode Alat ukur kadar air kayu, Seperti metode jarum atau paku yang dibenamkan ke kayu, sistem sentuh, atau dengan gelombang sinar infra merah. Kemajuan teknologi telah mempermudah pengukuran kadar air kayu tanpa harus menimbang dan mengeringkan kayu serta menghitung hasilnya berdasarkan rumus rumus perhitungan kadar air kayu.

Cara Kerja Alat Pengukuran Kadar Air Kayu

Pringsip kerja alat ukur elektronik ini berdasarkan perhitungan hambatan listrik (resistan). yang terjadi antara jarum yang satu dengan jarum lainnya. bila kedua jarum atau paku alat ukur tersebut dibenamkan ke tubuh kayu, besar kandungan air dalam kayu akan berfungsi juga sebagai konduktor yang menghantarkan aliran listrik dari jarum positif ke jarum negatif. Besarnya nilai kandungan air sangat mempengaruhi besarnya muatan listrik yang dapat dialirkan ke jarum yang satu.

Struktur zat padat kayu dan kandungan kadar air kayu merupakan hambatan aliran listrik yang dapat diukur. perbedaan hambatan listrik ini kemudian dikonversikan dalam nilai kadar air kayu yang ditampilkan dalam skala digital atau analog/jarum (bdn.Sdr).
kemudian, tentukan nilai nolnya dengan cara menyesuaikan nilai skala alat ukur. bila perlu, cocokan dengan sample dalam ruang oven. Buku petunjuk kadang juga dilengkapi dengan nilai yang harus disesuaikan setelah pengukuran. Aneka alat pengukur kadar air kayu, mulai yang sederhana sampai yang lengkap, dengan sistem digital atau analog :

Contoh Alat Ukur kadar Air kayu atau Wood Moisture Meter yang dijual oleh CV. Java Multi Mandiri :

  1. Wood Moisture Meter md818
  2. Wood Moisture Meter MD914
  3. Multifunctional Moisture Meter MC7825PS
  4. Wood Moisture Meter MC7825P
  5. Wood Moisture Meter MC7812
  6. Wood Moisture Meter MD814
  7. Wood Moisture Meter MC7806
  8. Digital Meter lainnya

Cara Kerja Alat Pengukuran Kadar Air Kayu

Digital atau non Digital Wood Moisture Meter
Cara Kerja Alat Elektronika pengukur Kadar Air kayu

Jarum elektroda kemudian dihubungkan ke alat ukur utama dengan kabel. Jarum dipakukan ke kayu dengan kedalaman minimal setengah (1/2) ketebalan kayu agar dapat diketahui kadar air bagian inti kayu yang sebenarnya. Arah jarum juga harus sejajar dengan serat kayu seperti Gambar diatas.

* Semoga Artikel Ini Bermanfaat Untuk Anda

NO COMMENTS